Label

Jumat, 30 Januari 2015

osu!

Assalamu’alaikum
Haloha, gaaaaaan. Ane kali ini mau bahas tentang game. Game ini sering ane mainin akhir-akhir ini. Game ini cukup menantang buat ane. Nama gamenya osu!. Pernah denger kan game itu? Cukup asing sih buat eberapa orang. Tapi biasanya yang suka game musik pasti tau osu!. Mau tau osu! itu gimana gamenya? Let’s cekidot ^^



Osu! adalah game free to play yang genrenya music game. Game ini dibuat dan dikembangkan oleh Dean Herbert a.k.a peppy. Game ini pertama rilis untuk komputer berbasis Windows tanggal 16 September 2007. Game ini kemudian bisa dinikmati oleh pengguna Mac OS X dan smartphone berbasis Android (nama gamenya osu!droid), iOS, dan Windows Phone.
osu! dapat dimainkan secara online ataupun offline. Jika ingin bermain secara online, kalian di websitenya http://osu.ppy.sh . Game ini dapat dimainkan oleh solo/sendiri/jomblo*oops* dan juga oleh multiplayer/rame-rame. Jika ingin main osu! rame-rame, kalian harus online dengan menggunakan akun pemain (tidak bisa memakai kabel LAN) karena “peppy” ingin game ini tidak hanya sekedar game biasa, tapi juga komunitas.
osu! dimainkan dengan menggunakan beatmap. Beatmap tsb dapat dengan mendownloadnya di website resminya. Beatmap berisi lagu dan elemen game yang sesuai dengan mode yang mana elemen-elemen tsb menyebar sesuai dengan ritme musik. Sebagian beatmap juga ditambah gambar dasar atau video, atau bahkan ada storyboard. Beatmap pun tidak hanya dibuat oleh “peppy” semata, tapi para pemain pun mampu membuat beatmapnya sendiri dan mereka itu disebut beatmapper/mapper.
Beatmap memiliki beberapa tingkat kesulitan, yaitu
1.      Beginner, cocok bagi pemula karena sangat mudah
2.      Easy, pemain baru lebih baik main yang ini dulu karena mudah
3.      Normal, tidak terlalu sulit tapi tidak terlalu mudah
4.      Hard, cukup sulit bagi pemula. Ane baru nyampe difficulity yang ini
5.      Insane, sulit banget bahkan bagi para pemain yang sudah bermain cukup lama
6.      Hyper, lebih parah dari Insane
7.      Another, kesulitannya yang biasanya pemain yang bermain lama dapat pass
8.      Collab, tingkkat difficulity yang dibuat oleh 2 mapper atau lebih yang biasanya diatas tingkat Hard
9.      Lunatic, benar-benar sulit
Tapi tidak semua beatmap memiliki semua tingkat kesulitan seperti yang disebut di atas, paling sedikit hanya Easy.

Ada 4 Mode dalam osu! yang dapat dimainkan. Yaitu:
osu! (lebih dikenal dengan osu! standard dan ini langganan ane :v)
Mode ini adalah favorit ane, yang sering ane mainin setiap ane main. Pada mode ini terdapat elemen-elemen seperti Hit Circle (ditekan), Slider (yang panjang, diseret), dan spinner (diputar). Memainkan osu!standard biasanya menggunakan mouse yang harus mengikuti alur.
Metode penilaian pada mode ini sudah dimasukkan rumus – rumusnya sendiri, untuk menghitung persentase akurasi adalah: total points of hit/(total number of hits*300)
Dimana Total points of hits = number of 50’s*50 + number of 100’s*100 + number of 300’s*300 dan total number of hits = number of misses + number of 50’s + number of 100’s + number of 300’s, Dengan kata lain, setiap Miss dianggap sebagai 0 poin, setiap 50 dianggap sebagai 50 poin, setiap 100 dianggap sebagai 100 poin dan setiap 300 dianggap sebagai 300 poin. Tambahkan mereka semua bersama-sama dan membagi jumlah dengan jumlah hits dikalikan dengan 300. Jika Anda mencetak 300 semua Anda akan mendapatkan hasil dari 1,00 yang berarti akurasi 100%. Jika Anda mencetak hanya 100s Anda akan mendapatkan hasil dari 0,3333 (yaitu 100/300), yang berarti akurasi 33,33%.
Skor yang diberikan setiap hit circle dan diakhir slider dihitung menggunakan rumus – rumus ini:
Score = hit value + hit value * (combo multiplier * difficulty multiplier * mod multiplier)/25, dimana Hit value adalah penilaian hit circle (50, 100, 300), combo multiplier banyaknya kombo yang didapat ketika bermain, difficulty multiplier adalah pengaturan tingkat kesusahan pada beatmap, dan mod multiplier adalah skor yang dikalikan tergantung dengan mod yang digunakan. Selain itu disetiap titik awal, ujung, dan pengulangan diberikan bonus 30 poin, masing – masing slider tick diberikan 10 poin, dan setiap putaran dari spinner diberikan 100 poin. Pemain juga diberikan dengan bonus tambahan 1.000 poin untuk setiap putaran spinner setelah meteran spinner penuh.
Penilaian hit circle adalah skor yang diberikan setiap kali menekan hit circle, menyeret slider, dan memutar spinner, untuk penjelasannya:
Hit circle: pemain akan mendapatkan skor 300, 100, atau 50 tergantung dengan seberapa akurat pemain menekan hit circlenya, jika telat menekan ataupun tertalu cepat maka akan menjadi miss
Slider: penilaian untuk slider tidak tergantung oleh akurasi ketika menekan diawal. Slider memiliki slider ticks, yang termasuk dalam titik awal, akhir dan pengulangan pada slider. Pemain akan mendapatkan 300 jika mendapat semua slider ticks, 100 jika setengahnya, dan 50 jika setidaknya 1 diantaranya. Menekan slider terlalu cepat tidak menghasilkan miss, tetapi mengulang kombonya dari nol. Pemain hanya mendapat miss jika tidak mendapat satupun slider ticks.
Spinner: untuk spinner, Pemain akan mendapatkan 300, 100, ataupun 50 tergantung seberapa banyak telah berputar dikomparasikan dengan lamanya spinner. Pemain akan mendapat miss jika tidak dapat mengisi spinner meter yang terdapat di sisi spinner.
Poin – poin yang dapat menambah skor pemain adalah suksesnya menekan hit circle. Suksesnya hit disaat permulaan slider. Suksesnya menyentuh akhir slider. Suksesnya menyentuh slider tick. Sukses saat komplit/hampir kompilt suatu spinner.
Poin – poin yang akan membuat kombo pemain manjadi nol adalah miss. Menekan slider terlalu awal. Terlepas dari permulaan slider atau slider tick. Gagal mengisi setidaknya setengah spinner meter.
Poin – poin yang tidak menambah maupun mengulangi kombo adalah terlepas dari akhir slider, dan spinner 1000 poin bonus.
Nilai dengan berbagai tipe:
Nilai normal:
SS = akurasi 100%
S = 300s lebih dari 90% kurang dari 1% 50s dan tanpa miss
A = 300s lebih dari 80% dan tanpa miss, atau lebih 90% 300 dengan miss
B = 300s lebih dari 70% dan tanpa miss, atau lebih 80% 300 dengan miss
C = 300s lebih dari 60% entah miss atau yang lain
D = sisanya
Nilai special:
SS silver (SSH) = akurasi 100% menggunakan mod hidden dan/atau flashlight
S Silver = 300s lebih dari 90% kurang dari 1% 50s dan tanpa miss menggunakan mod hidden dan/atau flashlight
Life Meter (health bar/score bar/performance meter) Sistem yang digunakan untuk menghitung HP drain rate dan mendapatkan HP yang rumit sehingga tidak akan dijelaskan secara rinci. Semuanya berkisar pada pengaturan kesulitan HP drain rate yang hanya dapat ditetapkan oleh mapper sendiri. Pemain dapat mendapat HP dari menekan hit circle (lebih bagus akurasinya lebih banyak mendapat HP, hit circle pada akhir kombo mendapatkan lebih banyak HP). Menekan tick permulaan, akhir, atau pengulangan. Spin dan menyelesaikan spinner. Melanjutkan spinner. Faktor berkurangnya HP pemain diantara lain HP drain ratesecara konstan. Miss pada hit circle ataupun slider. Gagal ketika spinner. Pemain tidak berkurang jika dalam break time dan melanjutkan spin ketika spinner meter sudah penuh.
Taiko
Mode ini bermain dengan menekan tombol keyboard ketika not berbentuk lingkaran berwarna merah atau biru sampai di hit area, layout-nya horizontal (kiri ke kanan), tombol default pada keyboard untuk mode ini adalah z dan c untuk area luar (lingkaran merah), dan x dan c untuk area dalam (lingkaran biru).
Metode penilaian pada mode ini sudah dimasukkan rumus – rumusnya sendiri. Akurasi lagu dihitung dengan jumlah semua notes akurasi dibagi dengan jumlah notes. GREAT (良) dianggap sebagai 100%, GOOD (可) 50% (setengah) dan MISS / BAD (不可) sebagai 0% (yang dapat memecah combo).
Dalam upaya membuat kombo yeng lengkap, karena GOOD selalu dianggap sebagai 50% (tidak seperti di mode osu!standard), Pemain dapat dengan mudah mengetahui apakah Anda akan mendapatkan S, A atau B hanya dengan melihat tabel akurasi :
• SS – akurasi 100%
• S – akurasi 95% keatas (90% GREATs, atau kurang dari 1 GOOD setiap 10 notes dan tanpa MISS).
• A – akurasi 90% keatas (80% GREATs, atau kurang dari 1 GOOD setiap 5 notes).
• B – akurasi 85% keatas (70% GREATs, atau kurang dari 1 GOOD setiap 3 notes).
Catch the Beat
Mode ini dimainkan dengan cara menangkap buah – buah yang terjatuh dari bagian paling atas monitor, caranya adalah menggerakan fruit-ryuuta menggunakan keyboard, tombol default pada keyboard untuk mode ini adalah left arrow untuk kearah kiri, right arrow untuk kearah kanan, dan shift untuk dash (menangkap buah yang perbedaan jarak x-nya cukup jauh dengan jarak y-nya yang tipis). game ini
Untuk rumus penilaian sama seperti mode osu!standard, namun untuk skornya berbeda dari osu!standard, untuk buah besar bernilai 300, sedang (juice drop) 100, dan kecil (droplet) 10. Jika droplet terjatuh, tidak akan terjadi apapun dengan kombo pemain, namun akan berkurang akurasinya. Tapi yang lain akan memecahkan kombo pemain.
Nilai pada mode Catch the Beat:
• SS – akurasi 100%
• S – akurasi 98.01% hingga 99.99% (beberapa miss tidak berpengaruh untuk nilai ‘s’)
• A – akurasi 94.01% hingga 98.00%
• B – akurasi 90.01% hingga 94.00%
• C – akurasi 85.01% hingga 90.00%
• D – akurasi dibawah 85.00%
SS atau S silver berarti bermain menggunakan mods ‘Hidden’ dan/atau ‘Flashlight’.
osu!mania
Mode ini dimainkan dengan tombol keyboard ketika not sampai di hit area, layout-nya vertical (atas ke bawah), pada mode ini tingkat kesulitan berpengaruh juga dengan banyaknya key yang ditekan (4 key hingga 8 key), tombol default pada keyboard untuk mode ini adalah D,F,J,K untuk 4k, D,F, [space], J, K untuk 5k, S, D, F, J, K, L untuk 6k, S, D, F, [space], J, K, L untuk 7k, dan A, S, D, F, J, K, L, [;] untuk 8k.
Mode ini mirip dengan permainan Guitar Hero, tapi di osu! keliatan seperti keyboard.
Skor pada mode osu!Mania ada 6, yaitu MAX (visual 300 pelangi), 300, 200, 100, 50, dan MISS, cara menghitung akurasinya adalah Total points of hits / (Total number of hits * 300)
Nilai pada mode osu!Mania:
• SS – akurasi 100% (hanya skor MAX dan/atau 300).
• S – akurasi lebih dari 95% (beberapa miss tidak berpengaruh untuk nilai ‘s’)
• A – akurasi lebih dari 90%
• B – akurasi lebih dari 80%
• C – akurasi lebih dari 70%
• D – akurasi dibawah 70%
Setiap mode dan tingkat kesulitan akan terasa biasa – biasa saja jika tidak ada sesuatu yang membuat permainannya lebih menantang, maka dari itu dibuatlah “Game Modifications”. Game Modifications atau lebih singkatnya Mods adalah suatu tambahan/pengurangan kesulitan pada suatu beatmap (ane lebih suka nyebut fitur), mods ada banyak jenisnya diantara lainnya:
Easy (Skor dikalikan 0.5)
Dikurangi kesulitan nya dengan cara dibesarkan ukuran hit elements-nya, dilambatkan HP drain ratenya, dan dilambatkan approach ratenya.
No Fail (Skor dikalikan 0.5)
Tidak bisa gagal, apapun yang terjadi.
Half Time (Skor dikalikan 0.3)
Bpm lebih sedikit, begitupula dengan waktu ketika dimainkan.
Hard Rock (Skor Dikalikan 1.06 (osu!, Taiko), 1.12 (Catch the Beat))
Titambahkan kesulitannya dengan cara dikecilkan hit elementsnya, dipercepat approach ratenya, dan dibesarkan HP drain ratenya.
Sudden Death (Skor dikalikan 1.00)
Miss/combo break akan mengakibatkan fail.
Perfect (Skor dikalikan 1.00)
Akurasi harus 100.00%, jika tidak maka akan diulang terus menerus.
Double Time (Skor dikalikan 1.12 (osu!, Taiko), 1.06 (catch the beat))
150% lebih cepat dari yang aslinya, dipendekkan 33% lagunya, dipercepat approach rate dan slider velocitynya.
Nightcore (Skor tetap sama seperti menggunakan Double Time)
Sama seperti Double Time, namun suaranya lebih cempreng.
Hidden (Skor dikalikan 1.06(osu!, Taiko, CTB), 1.00 (osu!mania))
Bermain tanpa menggunakan approach circle dan not yang menghilang. Menggunakan mods ini bisa membuka kesempatan untuk mendapat rank S silver atau SS silver.
Fade In (Skor dikalikan 1.00 (hanya terdapat pada osu!mania))
Mods ini kebalikan dari hidden, jika hidden notnya akan masuk ke daerah gelap, maka Fade In akan membuat notnya keluar dari daerah gelap.
Flashlight (skor dikalikan 1.12)
Area pengelihatan yang terbatas, semakin banyak kombonya semakin banyak pula area yang terbatas. Bermain dengan mods ini akan membuka kesempatan untuk mendapat rank S silver atau SS silver.
Relax (Skor dikalikan 0)
Hanya perlu menggerakan kursor, tombol akan dipencet secara otomatis
Autopilot (Skor dikalikan 0 (hanya terdapat pada mode osu!))
Hanya perlu menekan tombol, kursor digerakkan secara otomatis
Spun Out Skor dikalikan 0.9 (hanya terdapat pada mode osu!))
Spinner akan selesai dengan sendirinya.
Auto
Tonton permainan yang sempurna yang dimainkan oleh Ai
4k/5k/6k/7k/8k (skor dikalikan 0.78~1.0 (hanya terdapat pada mode osu!mania))
mengganti seberapa banyak key yang digunakan.
Random (Skor dikalikan 1.0 (hanya terdapat pada mode osu!mania))
Mod ini merubah penempatan not menjadi agak acak.
Bila pemain terasa bosan dengan tampilan yang sama, pemain dapat mencari tampilan lain/skin pada forum, userpage pemain lain, atau bila anggota suatu grup di social media, biasanya terdapat link untuk mendownload skin tersebut.
Dan kesimpulan dari ane adalah, game ini genrenya music game, tapi punya ane rata-rata music OST anime TV Size. Game ini memiliki 4 Mode game. Tujuan dari game ini adalah utuk menguji akurasi seseorang, tapi bukan dalam hal menembak. Kalian bisa membuat setiap beatmap dalam game ini menjadi mudah maupun menjadi sulit.
Mungkin sekian posting ane. Ane harap, ini bermanfaat bagi beberapa orang, terutama untuk orang-orang yang suka music game. Ane saranin deh game ini bagi pecinta music game. Maaf kalo posting ane kurang bagus dalam beberapa hal. Maaf juga bila ada kesamaan, tapi ane moduf sedikit. Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar